Ayam Petarung Ciparage Indonesia

Posted on

Ayam Petarung Ciparage IndonesiaAyam Petarung Ciparage Asli Indonesia

Ayam Petarung Ciparage Indonesia merupakan salah satu ayam dari Indonesia yang populer sebelum ayam Bangkok dari Thailand masuk ke Indonesia.

para pengadu ayam muda pasti tidak tahu,bahwa dahulu sebelum ayam bangkok masuk ke Indonesia, Ciparage adalah salah satu ayam aduan yg sering di pakai sebagai petarung di kompetisi sabung ayam.

Dimana unggas ini merupakan ayam legendaris yang bisa di temukan dengan mudah dari daerah asalnya. Yaitu, dari Ciparage, Kota Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Untuk unggas ini dapat di kenali dengan mudah dengan postur unik tubuhnya yg terlihat kokoh. Sedangkan pada bagian ekornya memiliki bulu yang indah, tebal, dan juga mengkilap.

Unggas ini memiliki senjata utama dengan taji mematikan karena terkenal ketajamannya yg dapat berakibat fatal. Menurut sejarah, Ciparage merupakan unggas pertama yang di pelihara seorang Duke bernama Raden Adipati Singaperbangsa. Dimana dia adalah seorang pangeran di era kekaisaran Sunda.

Selain itu, Ciparage merupakan unggas yg hanya dapat di peroleh di alam liar. Akan tetapi unggas ini tidak sengaja bertarung dengan sabung unggas yang di selenggarakan di dekat hutan.

Walaupun unggas ini memiliki tubuh yang kecil, pada peristiwa sabung unggas tersebut. Ia berhasil mengalahkan unggas jago yg sedang bertanding. Oleh sebab itu, hingga saat ini Ciparage merupakan ayam yang paling di cari dan memiliki sejarah paling tua sebagai ayam petarung di Indonesia.

Mitos Ciparage Sebagai Ayam Petarung

Banyak mitos yang beredar tentang Ciparage Petarung Indonesia mengenai asal muasalnya. Karena belum ada orang yg meneliti dan mengetahui sejak kapan unggas ini ada di Indonesia secaraumum, dan darimana unggas ini datang.

Oleh karena itu, karena pandangan spiritual yang kuat oleh Orang jawa, unggas ini sering di anggap sebagai Unggas Mistis. Akan tetapi unggas ini semakin susah untuk di temui karena populasinya yg kian berkurang.

Hal ini di sebabkan oleh kurangnya pengetahuan untuk cara membudidaya ciparage. Sehingga untuk ciparage asli dan murni akan sangat sulit untuk di temukan.

Kenapa Ciparage Petarung Indonesia dahulu sering dicari?, Karena dengan tubuhnya yang kecil, dia susah untuk di serang. Dan dia memiliki kelincahan dan cepat dalam melakukan serangan – serangan dengan seranagan yg mmematikan dalm bertarung.

Karena unggas ini sudah bisa di bilang spesies ayam yang hampir punah, anda harus bisa mengidentifikasi ciri fisik untuk Ciparage Petarung Indonesia murni tanpa hasil kawin silang dengan jenis ayam lainnya.

Asal Usul Ciparage Petarung di Indonesia

Ciparage Petarung Indonesia ini diperkirakan telah di temukan di wilayah Ciparage pada saat wilayah tersebut jadi salah satu dari pusat perdagangan laut Internasional. Para pedagang serta saudagar dari Timur tengah seperti Arab, India, Pakistan, dan juga dari Eropa berada di wilayah ini untuk berdagang.

Dahulu transaksi perdagangan tidak hanya memakai uang akan tetapi menggunakan sistem barter. Sebagian turis asal Asia timur tersebut umumnya membawa Ayam jenis Aseel dari pakistan sebagai media barter untuk mendapatkan rempah rempah serta beberapa barang yang ditemui di karawang.

Cerita lain menjelaskan bahwa Ciparage Petarung Indonesia ialah ayam asli hutan Karawang tertua, dimana unggas ini dapat di temui dengan ukuran badan yang besar dan juga kecil

Akan tetapi cerita pertama merupakan cerita yang paling masuk akal. Karena bentuk badan Ciparage Petarung Indonesia sendiri lebih kecil dari pada ayam bangkok juga ayam- ayam aduan lainnya. Ayam Aseel inilah yg akan menjadicikal bakal persilangan dengan ayam hutan karawang sehingga terciptalah Ciparage Petarung Indonesia.

Namun saat ini peminat dari Ciparage Petarung Indonesia murni sulit untuk di dapatkan dan ditemui. Kepopuleran unggas ini kalah jauh dibanding dengan Ayam Bangkok, Birma, Pakhoy, kemungkinan karena unggas ini hampir punah, sehingga sangat sulit di temui.

Harga Ciparage Petarung Indonesia ini sendiri juga lumayan mahal walaupun bukan ciparage murni. Hal ini di sebabkan oleh jarangnya masyarakat yang membudidayakan serta memelihara unggas ini.

Konon katanya saat ini Ciparage Petarung Indonesia murni sudah tidak bisa di temukan. Akan tetapi masih ada kemungkinan Ciparage Petarung Indonesia murni masih bisa di temui walaupun sangat susah di peroleh.

Ciri Fisik Ciparage Asli dan Murni

  • Ciparage murni pejantan memiliki berat maksimal dari 2,5 kg hingga 3 kg. Dan untuk betina berat maksimal hingga 1,5 kg.
  • Kepala Ciparage memiliki bentuk bulat.
  • Warna dari jenggernya adalah merah pucat, dan memiliki gerigi kecil.
  • Sayap yang dimiliki oleh Ciparage mempunyai tulang kuat dan rapat ke tubuhnya.
  • Ciparage memiliki ekor yang panjang dan juga sedikit melengkung.
  • Ciparage memiliki senjata yang mematikan dimana tajinya sangat tajam, besar, dan juga melengkung.
  • Walaupun badannya yang kecil, Ciparage Petarung Indonesia memiliki gaya bertarung yang agresif (kecil – kecil cabe rawit ).
  • Dia memiliki paruh pendek, dengan warna kuning pucat, dan tebal juga kokoh.
  • Warna bulu pada seluruh tubuhnya terdapat dua jenis, dimana mirip dengan burung jalak dengan warna bulu hitam mengkilap dan leher yang sedikit kemerahan. Dan warna Jalu Emas dengan warna coklat keemasan yg mendominasi.

Untuk unggas ini, dalam sabung ayam akan selalu berusaha menyerang lawan pada bagian wajah dan juga leher. Dimana dengan tajinya yang mematikan, dia dapat mengimbangi bahkan mengalahkan ayam yg memiliki tubuh lebih besar.

Baca juga : Ciri Ayam Bangkok Siap Bertarung