Merawat Ayam Bangkok dari bayi

Posted on

Merawat Ayam Bangkok dari bayiMerawat Ayam Bangkok dari bayi Dengan Benar

Merawat Ayam Bangkok dari bayi dapat di lakukan dengan mudah. Dimana didalam artikel ini adalah beberapa tips untuk cara merawatnya.

Ayam bangkok merupakan ayam bangkok yang dimanfaatkan sebagai petarung handal di arena sabung ayam. Dimaan dengan merlakukan perawatan dan juga latihan dengan benar.

Bibit ayam bangknok dapat mengeluarkan semua potensinya sebagai petarung terkuat di arena sabung ayam. Dan untuk merawatnya, kalian harus lakukan dengan sabar dan rutin dalam prosesnya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipakai sebagai panduan atau pedoman dalam Merawat Ayam Bangkok aduan dari bayi di Indonesia.

Tips Perawatan Ayam dari Muda

Memilih Bibit Ayam Bangkok Yang Bagus

Bibit ayam bangkok yang memiliki kualitas terbaik dapat di lihat dengan mata telanjang adalah melalui ciri fisiknya. Dimana jika anakn ayam bangkok bayi memiliki kualitas petarung, kalian dapat lihat pada postur tubuhnya.

Karena dengan bbibit unggas yang baik, potensi anak unggas bayi tersebut bisa di latih dan menjadi unggas petarung dengan kualitas juara. Pemilihan anak unggas dapat dilihat dengan ciri – ciri sebagai berikut ini.

  • Memiliki tubuh yang ramping.
  • Badannya Tegak dan juga tinggi.
  • Memiliki rata – rata panjang leher yang lebih daripada unggas lainnya.
  • Selain itu jika di rasakan, tulang alis pada anak unggas bayi tersebut menonjol.
  • Kaki unggas berbentuk bulat.
  • Dan bila di rasakan dada unggas akan terasa tebal juga memanjang.
  • Hal tersebut di karenakan tulang pada unggas memiliki tekstur yang cukup rapat dan juga keras.
  • Menggunakan Kandang Yang Tepat

Selain itu cara merawat bibit unggul ayam bangkok bayi, bisa di lakukan dengan menggunakan kandang yang tepat. Dimana kandang yang baik bisa di tentukan oleh beberapa faktor, contohnya adalah umur unggas bayi, jumlah anak unggas bayi, dan juga jenis ayam   bangkok bayi.

Selain itu, setelah beberapa minggu, ada baiknya memisahkan anak ayam bangkok bayi dari Induknya. Hal tersebut di karenakan setiap umur akan memiliki cara perawatan yang berbeda – beda.

Bayi Ayam Bangkok

Dan hal tersebut bisa di akali dengan memberikan lampu bohlam untuk menyediakan kehatan pada waktunya.

Kehangatan yang di perluAkank tersebut akan membantu anak ayam dari penyakit yang bisa menyerang. Karena unggas bayi memiliki tubuh yang rentan dan belum memiliki kekebalan tubuh yanig baik.

Jika anak ayam telah berusia hingga 2 bulan, maka anak unggas bayi dapat di pindahkan ke kandang yang memiliki ukuran lebih besar. Dimana setiap kandang harus memiliki jalur udara yang lancar dan juga baik.

Karena kandang yang tidak bersih akan menjadi tempat muncunlnya penyakit – penyakit mematikan untuk unggas .

Dalam usia tersebut juga, anak ayam bangkok bayi bisa melakukan mandi tanah. Dimana hal tersebut berfungsi dalam pembentukan tulang yang baik dan juga membuat unggas bayi mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

Perhatikan Pakan Ayam Bangkok Untuk Merawat Kesehatannya

Memerhatikan pakan yang di berikan kepada unggas menjadi salah satu faktor utama dalam cara merawat ayam bangkok bayi. Dimana pakan yang tidak baik akan memiliki bakteri, virus, kuman, dan hal lainnya yang bisa merusak kesehatan ayam.

Selain menjadi sumber energi, pemberian pakan pada ayam bangkok bayi dapat menambah kualitas kesehatan unggas . Dan juga bisa membantu ayam dalam menentukan tingkah lakuknya sebagai calon unggas petarung yang baik.

Ada baiknya ayam bankgok petarung di beri makan dengan takaran yang tidak terlalu berlebihan maupun tidak sedikit juga.  Untuk ayam bangkok yang sudah dewasa, takaran yang harus di berikan adalah 200 sampai 300 gram sekali makan dengan bobot 3 hingga 4 kg.

Dan perlu di ingat, takaran tersebut di berikan untuk  sekali makan saja. Akan tetapi untuk pakan anak ayam dan dewasa akan memiliki takaran yang berbeda.

Selain itu, kalian bisa menggunakan jagung sebagai pakan tambahan karena paka tersebut berfungsi sebagai penguat paruh ayam bangkok aduan. Untuk pakan pada anak ayam bangkok bayi.

Kalian dapat gunakan pakan campuran dengan bekataul dan juga pur dengan perbandingan bahan dari 4 bekatul : 1 pur. Dengan anakn ayam bayi pada usia 3 bulan diberikan voer 592.

Jika usianya lebih dari 3 bulan, makan campuran pakannya bisa mengunakakn voer 594 yang di tambahkan susu dengan nasi putih. Selain pakan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dengan memberikan suplemen beserta vitamin yang akan efektif jika di berikan kepada ayam pada sore hari.

Karena di malam hari, vitamin, dan suplemen tersebut akan mudah di serap oleh ayam dengan efektif.

Rutin memandikan ayam bangkok

Baik kebersihan kandang, hal lain yang perlu di perhatikan adalah kebersihan ayam itu sendiri. Dimana anda bisa lakukan dengan memandikaknya secara rutin pada pagi hari.

Dimana pemaindian dapat di lakukan antara pukul 8 pagi. Akan tetapi memandikan ayam tidak di perlukan apabila hujan sedang turun.

Untuk memandikan ayam bangkok yang baik. Kalian bisa lakukan menggunakan air bersih. Dimana air tersebut tidak boleh menggunakan air hangat.

Karena air hangat dapat merusak bulu yang dimiliki oleh ayam. Untuk memandikan ayam bisa di lakukan secara perlahan dengan mengusapkepala ayam menggunakan busa, dan ke arah leher hingga bagian bawah.

Setelah mandi, anda dapat jemnur ayam dengan cahaya mentari pagi pada pukul 8 hingga pukul 10. Agar bulu ayam menjadi kering dengan benar dan tidak rusak.

Baca juga : Pakan Nasi Ayam Petarung