Pakan Jagung Ayam Petarung

Posted on

Pakan Jagung Ayam PetarungManfaat Pakan Jagung Berkualitas Ayam Petarung

Pakan Jagung Ayam Petarung adalah salah satu jenis pakan yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga mental pada ayam petarung di sabung ayam.

Kita ketahui kalau jagung merupakan pakan pokok untuk ayam yang sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Jagung memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat, baik untuk manusia ataupun hewan.

Untuk beberapa orang jagung dijadikan sebagai bahan olahan pakan untuk disantap. Tidak dapat dipungkiri jika jagung memanglah lezat apabila dimasak.

Tidak hanya disantap manusia, jagung adalah pakan bermutu besar untuk ayam petarung. Dan berikutnya untuk pemberian jagung kepada unggas  petarung dapat dilakukan dengan beragam cara.

Jagung dapat diolah menjadi tepung dan juga dalam wujud jagung giling. Biasanya jagung diberikan pada unggas petarung dewasa yang telah lumayan dewasa.

Namun juga olahan jagung seperti tepung dan juga jagung giling juga baik untuk anak unggas. Pada peluang kali ini kita akan membahas khasiat jagung untuk unggas petarung juara.

Secara umum komposisi gizi jagung memiliki beragam zat yang baik untuk kesehatan badan. Setelah itu untuk unggas pedaging, jagung juga bagus untuk tingkatkan mutu serat pada daging unggas. Berikut merupakan kandungan nutrisi pada jagung:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Air
  • Protein
  • Gula
  • Srat
  • Lemak
  • vitamin A, C, D, E, Kalori
  • vitamin B1-3, B5, B6, B9 dan juga B12
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Pottasium
  • Sodium
  • Zinc

Khasiat Jagung untuk unggas petarung petarung

1. Sebagai pakan pokok

Jagung adalah tipe pakan yang mampu di simpan untuk jangka waktu yang panjang dimana bisa dipakai sebagai pakan pokok unggas petarung. seperti yang di jelaskan tadinya kalau jagung sesuai untuk anak unggas dan juga unggas dewasa.

2. Melindungi kesehatan pencernaan

Pencernaan adalah organ sangat vital untuk seluruh makhluk hidup. Dengan pencernaan yang sehat gizi pada pakan yang di cerna bisa diserap dengan baik oleh badan sehingga unggas perkembangan unggas akan lebih optimal.

Tidak hanya itu pencernaan yang sehat dapat kurangi efek unggas terkena bibit penyakit.

3. Menaikkan berat badan

Jagung adalah pakan yang sangat efisien untuk menaikkan berat tubuh unggas petarung. kandungan karbohidrat yang terdapat di dalamnya akan memesatkan perkembangan badan, melindungi masa otot dan menyetabilkan berat tubuh.

unggas petarung dengan wujud badan sempurna nyatanya akan memiliki pukulan yang lebih keras dan juga akurat apabila dibanding dengan unggas yang kurus.

4. Menguatkan napas unggas petarung

Kita biasa memahami tenaga unggas dengan napas. menjadi unggas petarung wajib memiliki napas yang panjang biar dapat menang di arena.

Jagung efektif Menguatkan tenaga unggas petarung dan juga sebagai peningkat konsumsi tenaga yang bagus untuk unggas laga.

5. Menguatkan tulang

Saat kita membahas karakteristik ayam petarung yang bagus pasti kita akan memperhitungkan struktur tulang pada ayam petarung. Hal ini telah menjadi pembicaraan para pengadu handal sehingga ayam yang bermutu wajib memiliki tulang yang kokoh.

Pemberian jagung bisa menolong pengerasan tulang pada ayam sehingga lebih kokoh dan juga perkasa.

6. Tingkatkan masa otot

Umumnya para pecinta ayam petarung memberikan pakan anak ayam berbentuk konsentrat. Sehabis merambah fase dewasa pakan ditukar dengan jagung.

Tujuan dari pemberian jagung ini tidak lain dan juga tidak bukan supaya otot ayam kilat tercipta. Otot adalah bagian sangat berarti pada ayam petarung, paling utama untuk ayam jenis jam.

7. Mengatur berat badan

Tidak jarang dari kita yang memiliki ayam yang kelewatan berat tubuh, umumnya ayam yang obesitas ini merupakan ayam yang baru keluar dari kandang bok( kandang pembesaran). Mayoritas peternak memfokuskan pada pembesaran Saat ayam terletak di kandang bok dan juga hanya diberi pakan berbentuk konsentrat maupun dedak.

kandungan serat kasar yang ada pada jagung akan menolong mengatur berat tubuh pada ayam dan juga mengganti lemak menjadi otot.

8. Menguatkan daya tahan badan ayam

Penyakit merupakan ancaman yang tidak dapat dihindari untuk para peternak, maka dari itu penangkalan merupakan cara terbaik untuk mengatasinya. Beragam penyakit yang mungkin menyerang ternak dapat sangat merugikan kita.

Biji jagung kaya akan kandungan vitamin B( B1, B2, B3, B5, B9, B12) yang menolong melindungi daya tahan badan ayam sehingga kebal terhadap penyakit.

9. Sumber kalium yang baik

Kalium merupakan zat yang bermanfaat melindungi penyeimbang cairan pada badan makhluk hidup. Kelebihan cairan badan bisa berakibat kurang baik untuk ayam petarung sehingga lebih mudah terkena penyakit.

beberapa penyakit yang diakibatkan akibat kelebihan cairan adalah diare, berak darah, berak kapur dan juga lain- lain. Pemberian jagung bermanfaat untuk menolong menyetabilkan cairan pada ayam petarung.

10. Sumber vitamin K

Vitamin K yang ada pada jagung bermanfaat untuk menyehatkan bulu pada ayam petarung. Bulu yang terlihat indah pada ayam laga akan menampilkan karisma ayam di arena. Tidak hanya itu vitamin K juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit ayam petarung, nah dapat menghindari penyakit kulit seperti kurap dan juga kudis.

Untuk beberapa orang jagung dijadikan sebagai bahan olahan pakan untuk disantap. Tidak dapat dipungkiri jika jagung memanglah lezat apabila dimasak.

Tidak hanya disantap manusia, jagung adalah pakan bermutu besar untuk ayam petarung. Dan berikutnya untuk pemberian jagung kepada unggas  petarung dapat dilakukan dengan beragam cara. Dimana kalian dapat berikan pakan jagung tersebut secara langsung maupun diolah terlebih dahulu.

Baca juga : Ciri Petarung Peruvian Asli