Pakan Nasi Ayam Petarung

Posted on

Pakan Nasi Ayam PetarungKualitas Pakan Nasi Ayam Petarung di Indonesia

Pakan Nasi Ayam Petarung adalah pakan yang dapat di berikan ke ayam. Dimana sebagai ayam petarung, nasi sangat bermanfaat bagi kesehatannya.

Mengerti kah kamu nyatanya nasi putih memiliki segudang khasiat untuk ayam petarung ?., tentu seluruh peternak unggas petarung kerap membagikan nasi kepada ayam peliharaan mereka, baik sebagai pakan tambahan ataupun sebagai pakan utama unggas .

Secara umum pakan sabung ayam petarung merupakan jagung, tetapi karena unggas termasuk hewan pemakan segalanya menjadi tidak tidak sering kita memberinya pakan lain.

Keuntungan membagikan campuran pakan pasti akan mengirit bayaran. Tidak hanya itu realitasnya ayam juga wajib diberikan pakan lain agar konsumsi gizinya balance.

Berikut beberapa khasiat luar biasa nasi putih untuk unggas petarung yang harus kamu ketahui.

Khasiat pakan dengan nasi putih

1. Untuk gemukkan ayam

Apabila unggas kurus dan juga kekurangan berat tubuh maka pemecahan terbaiknya dapat diberikan pakan berbentuk nasi putih.

Apabila dibanding dengan jagung, karbohidrat yang termasuk pada nasi jauh lebih besar. Menjadi bisa menaikkan dan juga melindungi berat tubuh ayam yang kurus.

Pemberian nasi putih merupakan cara sangat efisien untuk untuk gemukkan unggas petarung yang kurus.

2. Menaikkan tenaga

Dikala bertarung ayam membutuhkan tenaga yang besar. Anggap saja satu ronde kita biasa mengenakan waktu 10- 15 menit. Coba bayangkan bila unggas bertanding sampai beberapa ronde, tentu ayam akan keletihan.

Kandungan karbohidrat pada nasi bagus untuk peningkat tenaga!

Setelah itu nasi putih menjadi pakan yang sangat mudah di cerna oleh ayam sehingga memiliki efek lebih cepat.

3. Sesuai untuk ayam yang sakit

Nasi putih merupakan pakan yang sangat bagus diberikan kepada ayam yang terkena penyakit.

Biasanya ayam yang sakit sistem pencernaannya akan tersendat dan juga bermasalah. Seperti yang dijelaskan tadinya kalau nasi putih merupakan pakan yang lembut sehingga mudah di cerna.

4. Pakan tambahan ayam

Untuk menggapai hasil yang bagus maka butuh pola perawatan yang optimal. Pakan ayam petarung bukan hanya jagung saja, menjadi butuh pakan tambahan sebagai peningkat gizi untuk unggas .

Sobat butuh ketahui jika nasi putih sangat sesuai untuk campuran pakan ayam. Menjadi sobat dapat berikan unggas kombinasi pakan tidak hanya jagung, adalah seperti nasi, sayur- mayur dan juga jangan kurang ingat bagikan vitamin.

Apabila kebutuhan gizi ayam terpenuhi maka unggas akan lebih sehat sehingga tidak mudah terkena penyakit. Terlebih dikala masa hujan, sobat pecinta ayam butuh menguasai ini.

5. Mengirit pakan

Pasti terdapat banyak sekali cara mengirit pakan ayam petarung yang dapat kita jalani. Salah satu yang dapat diterapkan yakni dengan membuat ramuan pakan sendiri.

Dikala sobat memelihara satu ekor unggas bisa menjadi bayaran pakan tidak menjadi permasalahan sungguh- sungguh. Akan namun gimana bila memelihara unggas petarung dalam skala besar ataupun kelas peternakan. Makanya penting sekali untuk dapat menghemat bayaran pakan tanpa pengaruhi mutu ayam yang dihasilkan.

Pemberian nasi putih untuk ayam pearung berumur 3 sampai 6 bulan

Merambah umur ini, unggas muda terus menjadi aktif mencari makan sendiri, berlari- lari, apalagi tarung- tarungan sampai berjam- jam lamanya, paling utama unggas petarung luar biasa. Pakan yang diberikan wajib dapat penuhi kebutuhan energinya yang terus menjadi besar.

Untuk usia tersebut, pakan yang paling cocok pada ayam yang berusia 3 bulan adalah pur dengan kode 593, sedangkan untuk anak ayam berusia 4 bulan dapat di berikan pur dengan kode 594. Untuk umur anak ayam yang telah tiba 6 bulan, pakai kombinasi pakan butiran berkode 594 dengan beras merah.

Ayam juga dapat diberi suplemen tambahan , seperti vitamin b lingkungan dan juga kalsium/ kalk agar cepat besar. Gunanya merupakan untuk menolong agar perkembangan bulu dan juga tulang berjalan secara optimal.

Pemberian nasi putih untuk ayam petarung berumur 6 sampai 8 bulan

Ayam yang telah menggapai umur 6 bulan telah terkategori dewasa. Pakan yang diperlukan unggas pada umur ini, tepatnya di umur 7 bulan, merupakan yang memiliki protein untuk membentuk badan dan juga otot yang kokoh.

Beras merah merupakan tipe pakan yang sangat pas untuk diberikan di umur ini, sebagai pengganti voer dan juga pakan pabrikan. Tetapi, voer masih dapat diberikan sesekali maka proses perkembangan bulu- bulu ayam berakhir dengan sempurna.

Contoh alterasi pakan yang dapat diberikan merupakan beras merah, nasi, ataupun voer dengan kode lebih besar. Beberapa tipe makanan ayam petarung tersebut diberikan secara bergantian ataupun dicampur dan juga bisa sediakan dalam wujud pakan basah ataupun kering.

 

Pada umur ini, ayam petarung betina telah siap bertelur sehingga inilah waktu yang pas untuk kamu bila mau mengembangbiakkan unggas . Kamu dapat membagikan pakan khusus pada ayam agar cepat bertelur.

Pakan khusus tersebut berbentuk kombinasi antara pakan pabrikan, bekatul, nasi ataupun aking( dengan perbandingan 1: 2: 1) dan juga sedikit air. Tidak hanya itu, terdapat juga peternak yang meningkatkan suplemen ke dalam minuman untuk calon indukan ayam.

Untuk mengirit bayaran, pakan pabrikan dapat ditukar dengan pakan fermentasi. Dedak/ bekatul, gula pasir, suplemen probiotik, dan juga air dicampur dalam wadah tertutup dan juga difermentasikan sepanjang 5 hari.

Tubuh yang tegap dan juga kokoh merupakan karakteristik khas sekalian adalah keunggulan yang dipunyai unggas petarung yang membuat biayanya besar dan juga banyak dicari. Mudah- mudahan pembahasan menimpa pakan ayam petarung ini dapat menolong kamu sukses membudidayakan ayam petarung ini.

Baca juga : Ciri Petarung Peruvian Asli