Penyakit Ayam Aduan Karena Bakteri

Posted on

Penyakit Ayam Aduan Karena BakteriPenyakit Ayam Aduan Karena Bakteri di Indonesia

Penyakit Ayam Aduan Karena Bakteri merupakan penyakit yang terjadi karena kurangnya kebersihan, alat, kandang, dan juga pakan pada ayam.

Dan berikut ini adalah contoh – contoh penyakit pada ayam aduan yang di sebabkan oleh bakteri.

Penyakti Bakteri Chlamydiosis

Untuk bakteri Chlamydiosis ini merupakan bakteri yang memiliki sifat seperti virus seperti Zoonosis. Sehingga penyakit ini dapat menular kepada manusia dan manusia dapat menularkan penyakit ini kepada hewan.

Dimana Bakteri itu juga sering di sebut dengan Bakteri Obligat Intraseluler Chlamydophila. Bakteri ini adalah mikroorganisme yang memiliki perputaran hidup yang cukup unik.

Selain itu bakteri pada ayam aduan ini akan menyebabkan radang ringan hingga berat untuk sabung ayam aduan dan juga manusia.

Gejala – gejala yang bisa di temukan pada ayam pada minggu pertama adalah meningkatnya temperatur pada ayam (demam), dan tidak mau menyantap makanannya. Setelah itu pada minggu ke dua, bakteri tersebut sudah menjalar ke bagian paruh, dan bisa di temukan pada bagian ludahnya.

Pada paru – parunya akan terlihat bintik – bintik  yang di sebabkan oleh bakteri ini.  Selain itu, ayam yang mengidap penyakit dari bakteri ini akan mengalami diare dan juga memiliki gangguan pernapasan.

Untuk mencegah penyakit ini, kalian dapat mengawasi ayam yang terkena penyakit ini. Dan bersihkan kandang dengan baik.

Penyakit Chronic Respiratory Disease

Singkatnya CRD merupakan penyakit yang dapat menular ke ayam aduan. Dimana penyakit ini sering di sebabkan oleh Mycoplasma Gallisepticum.

Penyakit ini tidak memiliki gejala yang jelas, sehingga sangat susah untuk di kenali. Akan tetapi karena hal tersebutlah penyakit ini bisa membahayakan. Karena dalam waktu dari 4 hingga 21 hari, bakteri ini dapat menyerang sekelompok ayam aduan dengan cepat.

Bila terdapat ayam yang terjangkit penyakit ini, kalian bisa berikan obat seperti Tylosin, Oxytetracylin, dan sebagainya. Selain itu, harus melakukan pencegahan dengan melakukan pengaturan dan pemisahan kandangn ayam yang baik.

Penyakit Bakteri Colibacillosis pada ayam aduan

Penyakit ini merupakakn penyakit pada aayam aduan, terutama bibit ayam aduan yang masih muda. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri E. Coli (Escherichia Coli).

Selain itu, penyakit ini dapat menjadi sumber penyakit lain seperti omphalitis dan sebagainya. Dan bakteri ini dapat menyerang ayam di usia berapapun. Akan tetapi bakteri ini sering menyerang anak ayam aduan yang masih berumur 3 hingga 5 minggu.

Gejala – gejala yang bisa di lihat pada ayam pengidap bakteri e. coli adalah tidak nafsu makan dan juga terlihat leus. Dimana gejala ini dapat di lihat pada ayam aduan muda yang masih berusia 4 hingga 8 minggu.

Untuk mencegah penyakit bakteri e. coli ini menyebar adalah dengan melakukan pemeliharaan pada pakan dan air yang dimakan oleh ayam.

Selain itu jika sudah ada ayam yang terjangkit oleh bakteri e.coli ini, silahkan berikan anti biotik. Akan tetapi lebih baik lagi, bawa ke dokter untuk penangan lebih lanjut, terkadang satu anti biotik tidak ampuh untuk jenis penyakit lainnya.

Penyakit Coryza

Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri yang bentuknya seperti  pleomorfik yang tidak bergerak. Selain itu memiliki sifat gram negatif yang di sebut dengan kata Hemophilus Gallinarum.

Coryza ini adalah penyakit menular pada ayam aduan yang mengacu pada penyakit pernapasan.

Jika ayam terkena penyakit Coryza, pada bagian hidung akan mengeluarkan cairan yang awalnya jernih dan juga encer. Akan tetapi jika di biarkan lama – kelamaan akan berubah menjadi kental dan warnanya akan menguning.

Untuk mencegah penyakit ini datang ke ayam aduan milik kalian, maka anda dapat melakukan pembersihan kandang ayam dan melakukan perawatan pada pakan dan minuman yang lebih bersih.

Untuk pengobatannya, kalian bisa gunakan sulfonamide atau antibiotik lainnya yang di sarankan oleh dokter. Akan tetapi obat yang lebih aman adalah menggunakan sulfadimethoxine.

Penyakit Bakteri Fowl Typhoid

penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Salmonella Enterica . Dimana penyakit ini bisa menyebar ke seluruh dunia. Dan ayam ini lebih sering menyerang ke tubuh ayam yang telah matang atau dewasa.

Gejala yang sering di timbulkan oleh bakteri tersebut salahs atunya adalah akan terlihat lesu untuk ayam aduan yang masih muda. Dan untuk ayam petelur, hasil telur yang di peroleh akan berkurang kualitasnya.

Sedangkan untuk ayam yang telah dewasa akan terlihat memiliki gejala seperti anemia, susah bernafas, diare, dan juga terlihat depresi.

Untuk mencegah bakteri ini, kalian dapat lakukan pengawasan terhadap ayam yang mengidap penyakit ini. Dimana pengobatannya dapat di lakukan dengan memeberi Amoxycillin, dan sebagainya.

Penyakit Kolera pada Ayam Aduan

Penyakit ini merupakan penyakit yang cukup menular, dimana dapat menyerang ayam liar maupun ayam peliharaan. Dimana penyakit ini memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi.

Bakteri Pasteurella Multocida merupaakan bakteri yang menyebabkan penyakit ini. Dimana di perkirakan penyakit ini sudah lama keberadaaanya. Dan berhasil di temukan pada tahun 1972 dan di isolasi oleh Sri Poernomo.

Gejala – gejala yang dapat terlihat untuk ayam pengidap penyakit ini adlaah memberikan vaksin, dan pembersihan kanda beserta lingkungan sekitar. Untuk ayam yang telah terjangkit penyakit ini harus dipisahkan dengan ayam lain.

Dan penyakit bakteri kolera ini bisa di obati dengan memberikan antimikroba. Dimana kalian harus konsultasikan juga untuk pengobatan yang lebih baik dengan dokter hawan, agar penyakit ini tidak menular ke ayam aduan lain lebih lanjut.

Baca juga : Ayam Petarung Birma Terbaik